SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Kolaborasi UGM Mail dan Gmail
March 8th, 2013 by Anjar Romadhona Hasanah

Perbandingan Webmail UGM dan UGMail

Perbandingan Webmail UGM dan UGMail

Hello readers, how’s your day? I hope fine 😀

I just tried to use GMU email accounts in Gmail format. Caranya cukup mudah kok dan fasilitas yang didapat sama seperti akun di Gmail pada umumnya, yang membedakan adalah keberadaan logo Gmail yang biasanya berada di sudut kiri atas berganti menjadi logo UGM Mail. Seru kan? Oke berikut ini bagi yang belum mencoba bisa baca-baca dulu postingan saya.

Hal pertama yang dilakukan untuk mencoba layanan Gmail App untuk UGM Mail adalah Anda harus mendaftarkan diri ke PPTIK untuk mendapatkan email berdomain @mail.ugm.ac.id. Syarat bisa daftar adalah datang langsung ke PPTIK dan menunjukan tanda pengenal UGM (bisa Gama Card atau GMC). Kemudian admin PPTIK akan mendaftarkan nama Anda menjadi username email UGM. Segera login melalui http://webmail.ugm.ac.id dan temukan email baru berisi greeting dari admin. Berhubung saya sudah punya akun mail UGM sejak tahun lalu, jadi ada pemberitahuan tentang transisi UGM Mail ke Gmail beserta link penjelasan terkait. Kalau untuk akun baru mungkin masih disertakan karena pengaktifan UGM Mail menggunakan Gmail juga baru pada tanggal 6 Maret 2013 lalu. Jadi, untuk yang pengen mencoba sekarang pastinya tidak ketinggalan kok. Douzo.. douzo..

Kemudian ada satu email lagi yang berisi pemberitahuan bahwa email UGM dengan format Gmail sudah bisa diaktifkan. Dalam email tersebut terdapat link untuk bisa memulai konfigurasi/transisi email dari yang Webmail UGM old version into latest version called UGMAIL (UGM Gmail ^^’). Nah, untuk memulainya langsung saja ketikkan alamat http://ugmail.ugm.ac.id lalu isikan NetID dan Password sama seperti saat login dengan Webmail UGM. Jika Anda baru pertama kali login, pasti disuruh ganti password dulu dan password setidaknya harus 8 karakter yang terdiri dari uppercase, lowercase, dan digit. Setelah bisa login tentu saja ada ucapan selamat datang dan terlihat dengan jelas kapasitas penyimpanan yang tadinya sekitar 400MB menjadi sebesar 25GB tersedia untuk Anda pakai secara free alias gratis. Dengan transisinya Anda ke UGMail berarti Webmail UGM lama tidak akan mengupdate data terbaru dari sistem, atau dengan kata lain Webmail UGM sudah dimatikan meskipun Anda masih bisa login (tapi entah kenapa pas nyoba Google+ notifikasi approvalnya masih masuk di Webmail UGM, mungkin masih transisi ya?!).

Belum puas kan kalau cuma bisa login tanpa eksplorasi? Nah, yang langsung saya coba ya Google+ (Google Plus)-nya donk! Masih belum puas eksplorasi cuma sebatas itu? Coba juga aplikasi lain, Anda bisa cek di http://gapp.ugm.ac.id

Oke, dari aku sekian ya 🙂

Happy exploring the Google world! Don’t forget to add me on your circles by name Anjar Romadhona Hasanah.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa